Mau berbagi tulisan?
Kirim tulisan Anda via email ke: mamaarif_smd@yahoo.co.id
Insya Allah akan kami posting jika memang layak.

Welcome inMadrasah

Ini hanya sebuah blog, sebuah persembahan buat akademik, walaupun belum layak disebut suatu persembahan.
Paling tidak, sesuatu yang nyrempet-nyrempet dengan madrasah atau di madrasah, tertuang di sini. Dari sini pula muncul istilah inMadrasah.
Ada yang belum mengenal istilah madrasah?
Madrasah adalah sebuah istilah yang di Indonesia identik dengan lembaga sekolah. Lebih jauh baca Madrasah as School.
Apapun isi tulisan ini, mudah-mudahan menjadi sebuah persembahan.

Sunday, September 21, 2008

Lapangan Kerja

Lapangan pekerjaan adalah bidang kegiatan dari usaha/perusahaan/ instansi dimana seseorang bekerja atau pernah bekerja. Proporsi penduduk bekerja menurut lapangan pekerjaan merupakan angka yang menunjukan distribusi/penyebaran penduduk bekerja di setiap lapangan pekerjaan.

Lapangan usaha/pekerjaan ini dibagi dalam 10 golongan, terdiri dari 5 sub sektor pertanian dan 5 sektor lainnya. Lima subsektor pertanian meliputi: 1) subSektor Pertanian Tanaman Pangan, 2) subSektor Perkebunan, 3) subSektor Perikanan, 4) subSektor Peternakan, 5) subSektor Pertanian Lainnya. Dan lima sektor lainnya, yaitu : 1) Sektor Industri Pengolahan, 2) Sektor Perdagangan, 3) Sektor Jasa, 4) Sektor Angkutan, 5) Sektor lainnya.

Pergeseran distribusi penduduk bekerja dari lapangan pekerjaan pertanian menuju industri dan jasa merupakan fenomena terjadinya transformasi/perubahan struktural perekonomian. Indikator ini membantu pemerintah dalam memberikan fokus kebijakan ketenagakerjaan pemerintah. Misalnya, apabila proporsi penduduk yang bekerja terbanyak terdapat di sektor pertanian maka pemerintah dapat lebih menitikberatkan pembangunan ketenagakerjaan di sektor ini.

0 comments:

hit counters

home | education | ©2008 inmadrasah

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms